Selasa, 12 Mei 2020

Cara Membuat Maze Game di Power Point 2007

    Halo, sahabat VLNMR! Sahabat VLNMR pernah dengar, nggak, nih, kalau Microsoft Power Point itu bisa untuk membuat game juga! Wah, gimana, tuh, ya? Sebenarnya cara membuatnya gampang, kok, sahabat VLNMR! Tapi sebelum kita mulai, aku mau ceritain dulu, nih, asal mula aku suka bikin maze game di Microsoft Power Point. Penasaran? Lanjut terus, ya!

    Jadi, asal mula aku suka bikin maze game di Microsoft Power Point itu adalah saat aku kelas lima. Di sekolahku, kan, ada pelajaran Komputer. Naah, di term dua, materi pelajaran Komputer-nya adalah mengenai hyperlink dan action. Tapi, ternyata guru komputernya itu lumayan kreatif, lho. Tidak hanya sekadar mempelajari tentang membuat hyperlink dan action, tapi belajarnya dalam bentuk membuat sebuah maze game! Mantap, nggak, tuh?

    Nanti, katanya semua maze game buatan murid-murid di satu kelas akan digabungkan menjadi satu dan akan ada banyak level, sesuai dengan urutan absen. Total levelnya di kelasku ada dua puluh lima, karena jumlah muridnya memang ada dua puluh lima.
    
    Nah, sahabat VLNMR, sudah siap membuat maze game di Microsoft Power Point 2007? Sebenarnya, sih, di sekolah diajarkannya menggunakan Microsoft Power Point 2010, tapi, karena di rumah aku menggunakan Microsoft Power Point 2007, jadi aku lebih terbiasa menggunakan Microsoft Power Point 2007.

    Oke! Kita mulai sekarang!

    1. Buka Microsoft Power Point 2007

    2. Kemudian, buat slide START. Slide START-nya pilih yang blank. Untuk background START-nya, kalian bisa searching di internet dengan kata kunci "background gif", biar games-nya terkesan lebih seru dan nyata. 

    3. Untuk memasukkan background yang telah kalian download, buat shape rectangle di slide START. Kemudian, klik kanan dan pilih warna (yang logonya kayak cat tumpah). Setelah pilih warna, pilih PICTURE. Pilih background yang ingin kalian gunakan.

    4. Setelah itu, kalau kalian ingin memberikan judul, silahkan, kalian bisa klik INSERT, lalu klik WORD ART. Pilih font type-nya kemudian ketikkan judul yang kalian inginkan.

    5. Setelah membuat judul, buat dua shape sebagai tombol. Shape A, klik kanan, kemudian pilih edit text. Ketikkan "START". Untuk shape B, klik kanan, kemudian pilih edit text. Ketikkan "EXIT". Kalian juga bisa membuat tombol menggunakan WORD ART jika kalian tidak mau menggunakan shape.

    6. Buat slide kedua, yaitu slide permainan yang belum dimulai. Buat maze-nya menggunakan shape. 

    7. Buat finish button dan start button. Terserah, mau download dari internet, dari clip art, menggunakan shape, atau word art. Untuk finish button, kalian bisa membuat next level/ finish. Kalian juga bisa membuatnya berapa saja, terserah kalian. Karena, nanti akan ada finish yang benar dan finish yang salah.

    8. Copy slide, sehingga slide menjadi ada tiga. Slide ketiga adalah slide games yang sebenarnya.

    9. Tambahkan slide untuk slide kalah. Buat shape rectangle hingga menutupi seluruh bagian slide, kemudian, klik kanan. Pilih cat tumpah, kemudian pilih picture. Sebelum itu, download di internet dengan kata kunci "jumpscare background gif". Kembali ke Microsoft Power Point, pilih background yang kalian inginkan di cat tumpah-picture.

    10. Tambahkan tombol TRY AGAIN dan GIVE UP di slide kalah
.
    11. Tambahkan satu slide lagi untuk slide menang atau slide untuk level berikutnya.

    12. Di slide 2, klik tombol START. Kemudian, klik INSERT, lalu klik ACTION. Pilih MOUSE CLICK, kemudian pilih HYPERLINK TO: NEXT SLIDE. Kalian bisa mencoba hyperlink lainnya dengan klik tanda panah bawah di sebelah tulisan NEXT SLIDE, seperti previos slide, slide...., previous slide view, dan lain-lain.

    13. Di slide 3, kalian bisa mulai mengaktifkan jebakan-jebakan. Jebakan tersebut bisa berupa jebakan tidak terlihat, jebakan yang bergerak, dan lain-lain. Untuk jebakan tidak terlihat (maksudnya jebakan tidak terlihat itu seperti jalur maze biasa, tapi ternyata adalah jebakan), klik jebakan tersebut. Pilih INSERT, kemudian pilih ACTION. Pilih MOUSE OVER, lalu pilih HYPERLINK TO: NEXT SLIDE, artinya kalau terkena jebakan tersebut akan pindah ke slide berikutnya yaitu slide kalah. Untuk jebakan yang bergerak-gerak, kalian bisa membuatnya bergerak dengan klik jebakan tersebut, pilih ANIMATION, kemudian pilih CUSTOM ANIMATION. Kalian bisa membuatnya bergerak seperti apa dengan klik ADD EFFECT. Akan muncul pilih effect yang bisa digunakan. Setelah menambahkan effect, lakukan hal yang sama seperti jebakan yang tidak terlihat.

    14. Setelah itu, klik background-nya. Pilih INSERT, kemudian pilih ACTION. Pilih MOUSE OVER dan pilih HYPERLINK TO: NEXT SLIDE.

    15. Klik finish yang salah. Lakukan hal yang sama seperti background slide tersebut dengan memasukkan ACTION.

    16. Klik finish yang benar. Klik INSERT, kemudian pilih ACTION. Pilih MOUSE OVER, lalu pilih HYPERLINK TO: klik tanda panah bawah di sebelah tulisan next slide, kalian akan menemukan SLIDE... Klik tulisan tersebut, maka kalian bisa memilih ke slide mana dia akan pergi. Pilih slide menang/ slide 4. Klik OK, kemudian klik OK lagi.

    17. Di slide kalah, klik tombol TRY AGAIN. Pilih INSERT, kemudian pilih ACTION. Pilih MOUSE CLICK, kemudian klik tanda panah bawah di sebelah tulisan next slide. Pilih SLIDE... dan pilih slide 2. Klik OK, kemudian klik OK lagi.

    18. Klik tombol EXIT. Pilih INSERT, kemudian pilih ACTION. Klik MOUSE CLICK, kemudian klik tanda panah di sebelah tulisan next slide. Kalian akan menemukan tulisan END SHOW. Klik END SHOW, kemudian klik OK.

    19. Jika kamu ingin membuat maze game-nya dengan banyak level, kamu bisa mengulangi cara yang sama seperti tadi. Tapi, slide menangnya hanya satu saja, ya.. Cukup kamu sesuaikan sendiri nanti.

    20. Save as, pilih save as type-nya yaitu Power Point Show.

    21. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

        
    

0 komentar:

 

Velvetluna NMR Blog Template by Ipietoon Cute Blog Design and Homestay Bukit Gambang