Senin, 11 Mei 2020

Makhluk Fantasi di Film Harry Potter

    Halo, sahabat VLNMR! Kali ini, kita akan membahas tentang makhluk fantasi di film Harry Potter (penggemar Harry Potter di sini.., angkat tangan!). Nah, seperti yang kita ketahui, dunia Harry Potter adalah dunia sihir. Pastinya, ada banyak makhluk yang tidak dikenal di dunia ini alias disebut makhluk fantasi. Penasran, kan, makhluk fantasi dalam film Harry Potter itu ada apa saja? Yang dibahas di sini hanya yang aku ketahui saja, ya, mungkin hanya sebatas Harry Potter dan Batu Bertuah sampai Harry Potter dan Tawanan Azkaban. Lanjut terus, ya, kawan-kawan, selamat membaca!

Goblin: adalah makhluk yang pintar tapi dengan tampang yang cukup buruk. Wajahnya agak seram. Ditemukan di Harry Potter dan Batu Bertuah, saat mengunjungi bank penyihir bernama Gringotts.

Naga: adalah makhluk bersayap yang bisa mengeluarkan api. Jenis-jenis yang terdapat dalam film Harry Potter adalah Norwegian Ridgeback, Hungarian Horntail, Common Welsh Green, Chineese Fireball, Swedish Short-Snout, dan Ukrainian Ironbelly.

 Centaurus: adalah makhluk yang dari kepala sampai pinggangnya adalah manusia, sedangkan dari pinggang sampai kakinya adalah kuda. Centaurus juga merupakan makhluk dalam mitologi. Makhluk ini ditemukan dalam film Harry Potter dan Batu Bertuah saat Harry Potter menjelajahi Hutan Terlarang. Firenze, salah satu centaur, pernah mengajar di Hogwarts untuk pelajaran Ramalan.

Unicorn: Unicorn adalah makluk berwujud kuda dengan tanduk spiral yang disebut-sebut makhluk suci. Makhluk ini biasanya berwarna putih. Darah unicorn dipercaya dapat menghindari peminumnya dari kematian, tapi dengan harga yang sangat mahal, yaitu harus membunuhnya. Unicorn muncul pada film Harry Potter dan Batu Bertuah.

Baca juga, Unicorn, Makhluk Fantasi Favorit Anak Perempuan.

Peri-rumah: Peri-rumah adalah peri yang bekerja sebagai pelayan seumur hidup untuk tuannya. Satu-satunya cara untuk membebaskan diri dari pekerjaannya adalah ketika tuannya melemparkan pakaian dan ditangkap oleh peri-rumah tersebut. Peri-rumah sebenarnya memiliki kekuatan ajaib, tapi hanya bisa digunakannya saat ia telah bebas. Peri-rumah muncul di film Harry Potter dan Kamar Rahasia.

Jembalang: adalah makhluk bertubuh kecil, kulitnya kasar, dan kepalanya besar, botak, dan menonjol. Jembalang hidup di kebun atau perkarangan rumah yang tidak terawat. Jembalang muncul di buku Harry Potter dan Kamar Rahasia, di rumah keluarga Weasley.

Laba-laba Acromantulas: adalah makhluk laba-laba yang ukurannya seperti laba-laba raksasa. Ada di film/buku Harry Potter dan Kamar Rahasia.

 Kelpie: adalah hantu air berwujud kuda yang hidup di sumur atau tempat-tempat berair. Diceritakan dalam buku Harry Potter dan Kamar Rahasia.

 Mandrake: adalah adalah obat penyembuh yang manjur. Ketika bayi mereka menangis sangat kencang. Tangisan mereka dapat membuat orang pingsan, bahkan meninggal. Mandrake diceritakan dalam buku Harry Potter dan Kamar Rahasia, dapat menyembuhkan orang yang Membatu.

 Pixie: adalah makhluk berwarna biru elektrik dengan wajah runcing dan suara yang melengking. Mereka adalah makhluk yang memberontak. Diceritakan di buku Harry Potter dan Kamar Rahasia.

 Troll: adalah makhluk bertubuh besar dan jorok. Mungkin warnanya hijau. Troll dibagi menjadi dua jenis, satu adalah troll gunung dan satu lagi adalah troll hutan. Diceritakan di buku Harry Potter dan Batu Bertuah.

 Basilisk: adalah ular berbisa yang sangat besar. Ular ini disebut raja ular dan menjadi simbol Slytherin. Basilisik memiliki tatapan yang mematikan. Racunnya dari gigitannya sangat berbisa. Musuh besarnya adalah ayam yang dapat mematikannya dengan kokok ayam jantan. Basilisk diceritakan dikunci dalam Kamar Rahasia oleh Salazar Slytherin dalam Harry Potter dan Kamar Rahasia.

    Phoenix: adalah burung berwarna merah yang indah dan disebut burung abadi karena dapat terlahir kembali dari abu. Phoenix mengeluarkan musik yang sangat berisik. Air mata phoenix berkhasiat menyembuhkan. Diceritakan dalam Harry Potter dan Kamar Rahasia, phoenix milik Dumbledore yang bernama Fawkes membantu Harry Potter saat melawan Basilisk.

 Grim: adalah anjing besar berwarna hitam yang dipercaya menandakan kematian. Grim diceritakan dalam Harry Potter dan Tawanan Azkaban. Grim yang dilihat oleh Harry Potter berkali-kali ternyata adalah Sirius Black yang menjadi Animagi, yaitu penyihir yang bertransformasi menjadi hewan.

 Hippogriff: adalah hewan setengah elang dan setengah kuda. Jika kita bersikap sopan pada hippogriff itu, maka hippogriff tersebut akan mempersilahkan kita untuk naik. Tapi, jika kita menghinanya, maka hippogriff itu akan menyakiti kita. Hippogriff diceritakan dalam Harry Potter dan Tawanan Azkaban, dalam pelajaran Pemeliharaan Satwa Gaib.

Dementor: adalah makhluk yang jahat dan tidak berjiwa. Ia menyedot kebahagiaan dari orang yang berjarak dekat dengannya, sampai orang itu menjadi tak berjiwa, hanya tersisa ingatan buruk dan mengerikan. Dementor memiliki tangan yang busuk. Satu-satunya hal yang bisa melawan Dementor adalah mantra Patronus. Senjata paling mematikannya adalah kecupan pengisap jiwa. Dementor diceritakan dalam Harry Potter dan Tawanan Azkaban.

Boggart: adalah pengubah bentuk. Mereka bisa menyerupai wujud makhluk yang paling ditakuti orang yang berada di hadapannya. Tidak ada yang tahu wujud asli boggart. Hal yang bisa mengalahkan boggart adalah tawa. Boggart menyukai tempat yang gelap, seperti kolong tempat tidur dan lemari. Boggart diceritakan dalam Harry Potter dan Tawanan Azkaban. Gambar di samping merupakan boggart yang berubah wujud menjadi Profesor Snape.

Banshee: adalah hantu perempuan yang mengabarkan kematian keluarga dua atau satu hari sebelum kematian itu dengan cara menampakkan diri, menangis dan melolong di bawah jendela. Banshee menyerupai tengkorak. Diceritakan dalam Harry Potter dan Tawanan Azkaban.

 Red Cap: adalah makhluk jahat yang bersembunyi di tempat pertumpahan darah, contohnya di medan perang. Mereka bersembunyi dan menunggu orang lewat untuk memukul mereka dengan gada. Red Cap diceritakan di Harry Potter dan Tawanan Azkaban dalam pelajaran Pertahanan terhadap Ilmu Hitam.

 Kappa: adalah penghuni-air dengan kaki berselaput seperti bebek. Kulitnya berwarna hijau. Ia akan mencekik siapa saja yang tidak sengaja mengarungi kolam miliknya. Kappa diceritakan dalam Harry Potter dan Tawanan Azkaban dalam pelajaran Pertahanan terhadap Ilmu Hitam.

 Grindylow: adalah mahkluk air berwarna hijau. Mereka dapat berkamuflase sehingga mirip dengan rumput hijau. Mereka menggunakan cakar untuk mencengkeram mangsanya. Grindylow diceritakan dalam Harry Potter dan Tawanan Azkaban, dan juga Harry Potter dan Piala Api.

 Hinkypunk: adalah makhluk yang memberikan petunjuk menyesatkan kepada orang yang melewatinya dengan lenteranya yang selalu dibawa-bawa. Hinkypunk diceritakan dalam Harry Potter dan Tawanan Azkaban.

 Manusia serigala: adalah manusia yang saat bulan purnama dapat berubah menjadi serigala. Manusia serigala diceritakan dalam Harry Potter dan Tawanan Azkaban. Profesor Lupin, guru Pertahanan terhadap Ilmu Hitam, sebenarnya adalah manusia serigala. Dulu, pada saat Lupin masuk Hogwarts, Dedalu Perkasa ditanam, agar tidak ada orang yang berani dekat-dekat ke tempat Lupin bertransformasi menjadi manusia serigala.

 Thestrals: adalah makhluk seperti kerangka yang memiliki sayap dan wajah seperti naga. Ia adalah makhluk yang sopan, tapi misterius. Thestrals hanya dapat dilihat orang yang sudah menyaksikan kematian. Selain itu, thestrals tidak dapat terlihat. Thestrals diceritakan dalam Harry Potter dan Orde Phoenix.

 Merpeople: adalah makhluk seperti putri duyung. Namun, dalam film Harry Potter, merpeople lebih terlihat seperti ikan daripada manusia setengah ikan. Matanya bulat besat, wajahnya menggelembung, dan memiliki sirip. Merpeople diceritakan dalam Harry Potter dan Piala Api. Koloni mereka hidup di Black Lake.

 Inferi: adalah makhluk seperti zombie. Mereka adalah mayat yang telah direanimasi oleh penyihir jahat. Mereka ditemukan di sebuah gua dalam Harry Potter dan Pangeran Berdarah Campuran.

 

Nah, sekian informasinya, ya, sahabat VLNMR? Semoga bermanfaat bagi kalian, para penggemar Harry Potter.

Salam VLNMR!

0 komentar:

 

Velvetluna NMR Blog Template by Ipietoon Cute Blog Design and Homestay Bukit Gambang