Senin, 11 Mei 2020

Novel Serial Bumi Tere Liye

    Halo, Sahabat VLNMR! Ini post pertama kalinya di blog-ku, dan aku senang sekali untuk memulainya. 
    
    Nah, Sahabat VLNMR, tahu nggak, sih, aku itu sukaaa banget membaca. Membaca adalah salah satu hobiku. Membaca membuatku terbuka dengan dunia baru. Membaca memberitahuku banyak hal. Membaca memberikan ribuan inspirasi untukku. Blog ini mungkin juga tidak akan ada kalua aku tidak membaca. Aku mulai mengetahui tentang blog dan website sejak aku membaca novel KKPK (penggemar KKPK mana, nih?) Aku membaca profil penulisnya dan mendapati bahwa mereka juga memiliki akun blog. Salah satu yang aku ketahui adalah Kak Yunda, penulis novel KKPK berjudul Menari di Pelangi, yang pernah menulis blog di multiply. Sekarang, dia juga punya akun blog di Blogger. 

    Di postingan pertamaku ini, aku ingin menceritakan tentang salah satu buku serial favoritku. Buku serial ini memiliki genre yang paling aku sukai, yaitu fantasi! Oh, ya, selain fantasi, aku juga suka buku dengan genre misteri dan petualangan. Serial ini seru sekali, lho, dari sembilan bukunya yang sudah terbit dan juga aku miliki, semuanya aku sukai. Serial ini adalah karya dari penulis terkenal Indonesia. Buku-buku tersebut menceritakan tentang petualangan tiga sahabat, dua remaja perempuan dan satu remaja lelaki. Hehehe.., sebenarnya, sih, serial tersebut untuk remaja umur 12 tahun ke atas, tapi aku lebih muda dari itu. 
    
   
Nah, kalian bisa tebak, serial apakah itu? Kutu buku pasti bisa menebaknya, deh! Yup, sesuai dengan judulnya, serial yang kumaksud adalah serial Bumi karya Tere Liye! Ada sembilan buku dari serial ini yang sudah terbit, yaitu Bumi, Bulan, Matahari, Bintang, Ceros dan Batozar, Komet, Komet Minor, Selena, dan Nebula. Serial ini menceritakan tentang petualangan antar klan. Tiga karakter utamanya adalah Raib, Seli, dan Ali. Raib berasal dari klan Bulan, dia bisa menghilang, berteleportasi, mengirim pukulan berdentum, berbicara dengan alam, dan lain-lain. Seli berasal dari klan Matahari, dia bisa mengirimkan petir, Teknik kinetik, dan sebagainya. Sedangkan Ali, dia berasal dari klan Bumi, tapi sangat genius. Dia mampu membuat kapsul terbang (yang akan muncul di buku ketiga) bernama ILY. Ali juga bisa menjadi beruang saat di marah. Ali sangat terobsesi dengan teknologi dan merupakan anggota tim basket di sekolahnya. 
    
    Selain ketiga karakter utama di atas, ada banyak sekali karakter yang muncul di serial ini. Tidak bisa semuanya diceritakan, nanti kalau yang belum baca, jadi tidak seru, dong! Jadi, karakter yang kuberitahu seingatku saja, ya, yang memang utamanya dan bukan karakter selintas atau apa pun sebutannya. Ada Miss Selena, guru matematika di Bumi yang ternyata berasal dari klan Bulan, lulusan Akademi Bayangan Tingkat Tinggi, akademi terbaik di klan Bulan. Lalu ada Av, kepala Perpustakaan Sentral di klan Bulan, yang memiliki teknik penyembuhan. Ilo adalah desainer terkemuka di klan Bulan, keturunannya Av. Vey adalah istri dari Ilo, Ou dan Ily adalah anak keduanya. Hana adalah seorang wanita tua yang tinggal di padang perdu, memiliki peternakan lebah. Dia adalah karakter yang muncul di buku kedua. Faar, Kaar, Laar, dan Meer adalah orang-orang yang membantu Raib dan kawan-kawan di klan Bintang, yang pertama kali muncul di buku ketiga, yaitu Matahari. Batozar atau yang akrab dipanggil Master B adalah pengintai terkenal klan Bulan yang menguasai bela diri perfettu. Batozar pertama kali muncul di buku Ceros dan Batozar. Si kembar Ceros, Ngglanggeram dan Ngglanggeran juga muncul di buku Ceros dan Batozar. Mereka adalah pemimpin kelompok ke klan Bumi dalam ekspedisi klan Aldebaran dengan tujuan memetakan seluruh klan. Paman Kay, Bibi Nay, Lady Kulture, Arci, Finale, dan Tuan Entre adalah karakter protagonist yang muncul di petualangan Raib, Seli, dan Ali dalam pengejaran si Tanpa Mahkota. Mereka ada di buku Komet dan Komet Minor.
    
    Karakter-karakter yang kujelaskan di atas tadi adalah karakter protagonis. Karakter antagonisnya adalah Tamus, Fala tara-tana IV, Sekretaris Dewan Kota Zaramaraz, dan yang paling terkenal adalah si Tanpa Mahkota. Masing-masing muncul di buku yang berbeda, kecuali Fala tara-tana IV, Tamus, dan Tanpa Mahkota yang pernah muncul di buku Komet. 
    
    Berhubung serial ini menceritakan tentang petualangan antar klan, pasti tempat-tempatnya unik juga. Klan Bulan terbagi menjadi banyak distrik. Distrik Lembah Gajah adalah distrik dimana terdapat Akademi Bayangan Tingkat Tinggi. Distrik Sungai-sungai Jauh adalah distrik tempat asal seluruh kekuatan klan Bulan. Distrik Sabit Enam adalah distrik kelahiran Miss Selena. Kota Tishri adalah ibukota klan Bulan, kota paling maju di klan Bulan, tempat dimana Perpustakaan Sentral dan Tower Sentral berada. Ciri khas bangunan di klan Bulan adalah berbentuk bulat seperti bulan.

    Ibukota klan Matahari adalah kota Ilios. Alam di klan Matahari lebih terjaga dibandingkan Klan Bulan. Ciri khas bangunannya adalah berbentuk kubus. Di klan Matahari, ada festival yang sudah menjadi tradisi sejak beribu tahun yang lalu, namanya Festival Bunga Matahari. Biasanya, ada sembilan kontingen yang mengikuti festival ini. Mereka memecahkan petunjuk dan mengelilingi klan Matahari untuk mencari bunga matahari yang pertama kali mekar. Bunga matahari yang pertama kali mekar itu memiliki kekuatan ajaib, lho..
    
    Kota Zaramaraz adalah ibukota klan Bintang. Klan Bintang terletak di perut bumi. Ada berbagai ruangan di klan Bintang. Ada ruangan penjara, ruangan RIBT, ruangan Padang Sampah, ruangan Padang Senyap, dan masih banyak lagi. Untuk berpindah-pindah ke satu ruangan ke ruangan lainnya, mereka bias menggunakan portal untuk berpindah. Di antara klan-klan yang berada di bumi, klan Bintang-lah yang teknologinya paling maju. 

    Klan Komet adalah klan yang cukup sederhana dan sangat indah. Klan ini lumayan misterius. Dalam serial Bumi, untuk masuk ke sana, harus menggunakan bunga matahari yang pertama kali mekar. Orang-orang yang datang ke klan Komet biasa disebut "turun dari langit". Di klan Komet, terdapat tujuh pulau sesuai nama hari, yaitu pulau Hari Senin, pulau Hari Selasa, pulau Hari Rabu, pulau Hari Kamis, pulau Hari Jum'at, pulau Hari Sabtu, dan pulau yang paling dicari-cari, yaitu pulau Hari Minggu. Klan ini adalah tempat tinggal Paman Kay dan Bibi Nay.

    Klan Komet Minor adalah klan yang sangat maju. Kota dan desa di klan Komet Minor bias berteleportasi. Klan Komet Minor disebut-sebut sebagai penjaga peradaban, tempat orang-orang berkunjung. Ibukota klan Komet Minor adalah kota Archantum. Di sinilah tempat markas Para Pemburu berada, tempat tinggal Tuan Entre, Arci, Lady Kulture, dan Finale. Di klan ini jugalah, senjata pusaka klan berada, yang dicari-cari oleh Tanpa Mahkota.
    
    Klan Nebula adalah klan yang disebut sebagai penjara. Di sinilah para raksasa dipenjarakan oleh putri. Klan Nebula memiliki dinding-dinding yang tinggi. Warganya hidup bersahaja, jumlah rumahnya kalau tidak salah terdapat empat puluh rumah. Klan Nebula menyimpan cawan keabadian yang mengunci para raksasa. Klan Nebula mulai diceritakan di buku kedelapan, yaitu buku Selena.

   
Buku Bumi adalah awal dari cerita petualangan Raib, Seli, dan Ali. Mereka berpetualang di klan Bulan demi menghindari Tamus. Di buku inilah, Raib dan Seli mendapatkan sarung tangan kekuatan. Raib dan kawan-kawannya berusaha melindungi buku kehidupan dari Tamus. Namun akhirnya, mereka bertemu dengan Tamus di Perpustakaan Sentral. Tamus berusaha membuka portal menuju Penjara Bayangan di Bawah Bayangan untuk membebaskan Tanpa Mahkota, orang yang menurutnya paling berhak untuk berkuasa. Dan petualangan sengit berlangsung di akhir buku.
    
   
Buku Bulan menceritakan tentang petualangan Raib, Seli, dan Ali di klan Matahari. Mereka juga ditemani oleh Ily, putra dari Ilo dan Vey. Awalnya, mereka hanya ikut diplomasi biasa, tapi tiba-tiba, mereka harus mengikuti Festival Bunga Matahari dan menjadi kontingen kesepuluh. Mereka berkeliling klan Matahari untuk mencari bunga matahari yang pertama kali mekar. Musuh mereka kali ini adalah Fala tara-tana IV, Ketua Konsil Klan Matahari yang memiliki rencana jahat...

   
Buku Matahari menceritakan tentang penemuan Ali mengenai lokasi klan Bintang. Mereka menaiki kapsul terbang buatan Ali menuju klan Bintang. Di klan Bintang, ketiganya menjadi buronan karena dianggap berbahaya dan memiliki misi penting. Mereka sempat terpenjara di ruangan penjara. Hmm.., sudah baca belum, buku yang ini? 

   
Buku Bintang menceritakan tentang misi menyelamatkan nasib empat klan jika terjadi bencana besar seperti yang telah direncakan oleh Dewan Kota Zaramaraz. Mereka mencari superplume yang benar untuk mencegahnya. Mereka berkeliling klan Bintang untuk mencari titik superplume yang benar. 

   
Buku Ceros dan Batozar menceritakan tentang pertemuan Raib, Seli, dan Ali dengan si kembar Ceros di Bor-O-Bdur dan Batozar yang menculik mereka. Mereka belajar banyak hal dari ketiga tokoh hebat dunia paralel.

   
Buku Komet menceritakan tentang misi pengejaran si Tanpa Mahkota. Katanya, Tanpa Mahkota mencari komet. Saat pertarungan terjadi di klan Matahari, Ali mengikuti Tanpa Mahkota yang melompat masuk ke dalam portal menuju suatu tempat, yang menyebabkan Raib dan Seli juga ikut. Di klan Komet, mereka menjelajahi pulau Hari Senin hingga pulau Hari Sabtu, bersama Max, kapten kapal yang kapalnya diserang perompak. Saat tiba di pulau Hari Sabtu, mereka pun berhasil lulus semua ujian sehingga Paman Kay pun membukakan portal menuju klan Komet Minor.

   
Buku Komet Minor menceritakan tentang pengerjaran si Tanpa Mahkota yang berusaha mencari tombak pusaka, dengan mengumpulkan tiga potongan tombak dan menggabungkannya. Mereka ditemani oleh Batozar yang berhasil dipanggil melalui portal cermin. Mereka menemui para mantan anggota Para Pemburu demi mencari potongan tombak tersebut, yaitu Tuan Entre, Arci, Lady Kulture, dan Finale. Apakah mereka berhasil mengalahkan si Tanpa Mahkota?

   
Buku Selena dan Nebula menceritakan tentang kisah orangtua kandung Raib. Di sinilah awal munculnya masalah baru bagi dunia paralel...

    Oh, ya, bagi kalian yang penggemar buku Tere Liye atau penggemar serial Bumi ini, akan ada beberapa buku baru sesuai pengumuman di bagian belakang halaman buku Nebula, yaitu: Lumpu, Proxima Centauri, dan Putih.

    Nah, sekian ceritaku tentang buku serial Bumi, kalian bisa memberikan kritik dan saran di kolom komentar. Kalian juga bisa memberikan saran untuk artikel baru. Maaf jika ada kesalahan ketik, semoga kalian menyukai tulisanku, ya..
    
    
    
    

    
    
    
 

1 komentar:

Unknown mengatakan...

So cool 😍😍 semangat terus ya nafisa buat hobi baca & nulisnya😘

 

Velvetluna NMR Blog Template by Ipietoon Cute Blog Design and Homestay Bukit Gambang